Rabu, 12 November 2014

Makanan Khas Sumatera Barat


Saya akan menceritakan sedikit makanan khas daerah saya. Sumatera Barat terkenal dengan makanannya yang beragam. Apabila anda berkunjung ke Sumatera Barat jangan lupa untuk menyicipi makanan tersebut. Saya akan member rekomendasi makanan yang favorit didaerah ini…
1.      RENDANG
Makanan khas sumatera barat ini sangat digemari oleh semua masyarakat dalam dan luar negeri, terkenal dengan rasa pedasnya. Membuat rendang menurut saya lumayan susah, dan membutuhkan waktu yang lama, orang tua saya sering membuat rendang diacara-acara besar, seperti lebaran,nikahan, dan diacara lainnya. Saya lebih menyukai rendang daging yang tidak terlalu kering. Pada tahun 2011 rendang dinobatkan sebagai peringkat pertama dalam daftar World 50 Most Delicious Foods, 150 Hidangan terlezat didunia loh…

2.      Dendeng Balado dan Dendeng Batokok
Kedua dendeng ini sama-sama dari daging sapi, perbedaannya dari cara pengolahannya saja. Dendeng balado dendeng yang dipotong tipis dikasih bumbu rempah-rempah dan dijemur hingga kering, lalu digoreng dan dikasih cabe goreng. Sedangkan Dendeng Batokok sedikit berbeda, dagingnya tidak dijemur dahulu,dikasih bumbu rempah-rempah langsung goreng terus ditokok atau ditumbuk dan dikasih cabai goring. Dari kedua dendeng tersebut saya lebih menyukai dendeng batokok, karena dendengnya tidak terlalu garing.

3.      Soto Padang
Soto Padang memiliki ciri khasnya sendiri, sangat nikmat dihidangkan saat udara dingin, dengan rasa yang gurih, dengan campuran bihun putih,perkedel, dendeng yang dipotong kecil-kecil, bisa menggunakan nasi  dan bisa juga diganti dengan lontong, diberi kerupuk merah serta perasan jeruk nipis, dan tidak ketinggalan cabai gorengnya..

4.      Sate Padang
Siapa yang tidak kenal sate padang, yang memiliki ciri khasnya tersendiri. Bedanya dengan sate yang lain,sate padang tidak adanya tambahan kecap, rasanya yang gurih, dan tentu bercampur pedas, dan tidak lupa diberi bawang goring diatasnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar